GERAKAN PENGENDALIAN ( GERDAL ) HAMA TANAMAN PADI DI KELOMPOK TANI MUKTI RAHAYU KEBONTURI

Kebonturi-jaken.id . OPT ( Organisme Pengganggu Tanaman ) merupakan salah satu kendala dalam budidaya tanaman, khususnya tanaman padi, oleh sebab itu pada hari selasa, 06 April 2021 dilaksanakan gerakan Pengendalian ( Gerdal ) Hama Sundep ( Penggerek Batang ) pada hamparan lahan sawah Kelompok Tani Mukti Rahayu Desa Kebonturi Kecamatan Jaken Kabupaten Pati.

Gerakan pengendalian hama ini mendapat dukungan dari Bantuan Pemerintah melalui Laboratorium Hama & Penyakit Tanaman Kabupaten Pati dan Balai Penyuluh Pertanian ( BPP ) Kecamatan Jaken . Sebelum pelaksanaan penyemprotan serempak seluas 5 ha Tanaman Padi, Bapak Januri dari Laboratorium Hama dan Penyakit Tanaman Kabupaten Pati, menyampaikan penggerek batang atau lebih dikenal sundep merupakan hama pada tanaman padi yang bisa mempengaruhi hasil panen. oleh karena itu petani harus selalu mengecek kondisi tanaman secara berkala, apabila ditemukan serangan yang sudah melebihi ambang batas segera dilaksanakan pengendalian secara terpadu.

Balai Penyuluh Pertanian ( BPP ) Kecamatan Jaken yang mengikuti pelaksanaan Gerdal adalah Bp. Wiwik Ariyanto, SP ( Koordinator PPL BPP Jaken ), Bp. Gunardi ( PPL Wilayah Binaan Desa Kebonturi), Ibu Endrawati,SP, Bp Suyono, Ibu Sri Wartini,SP. dan Bp Karsono ( Petugas POPT Kecamatan Jaken ). Dalam sambutan pengantar Bp Wiwik Ariyanto,SP berharap supaya dengan pelaksanaan gerakan pengendalian ini bisa bermanfaat dan hasil pertanian bisa meningkat.

Semoga Kegiatan Pengendalian Hama ini bisa menjadi edukasi pada kelompok Tani Mukti Rahayu khusunya dan warga Desa Kebonturi Kecamatan jaken pada umumnya, supaya dalam penyemprotan hama tidak membabi buta artinya tidak membunuh organisme yang menguntungkan petani.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan