TANAM TEMBAKAU, BUDIDAYA PERTANIAN UNGGULAN DIMUSIM KEMARAU

Kebonturi, jaken. selain bertanam padi petani Desa Kebonturi Kecamatan Jaken mulai Tahun 2019 kemarin sudah merintis budidaya tembakau, berawal  kemitraan dengan PT SADAHANA ARIFNUSA  bercocok tanam tembakau menjadi alternatif budidaya pertanian yang cukup menggiurkan.

Lahan yang semula dibiarkan bero ( tidak ditanami ) setelah panen padi, mulai digarap dengan tanam tembakau, tetapi petani yang baru mengusahakan tanam tembakau ini baru beberapa orang, khususnya petani yang bergabung dalam Kelompok Tani Mukti Rahayu, karena ditahun 2019 kemarin merupakan tanam perdana sehingga hasilnya kurang maksimal, tetapi untuk tahun 2020 karena sudah mempunyai pengalaman diharapkan hasilnya bisa sesuai dengan keinginan.

Budidaya tembakau merupakan usaha yang membutuhkan penanganan yang berbeda dengan budidaya tanaman lainnya khususnya di pasca panen, karena grade yang bagus ditentukan oleh penanganan pasca panen yang sesuai dengan SOP dari PT Sadhana.

Karena merupakan budidaya yang baru rintisan diharapkan dari pemerintah memberikan bantuan kepada kelompok tani yang mengusahakan tanaman tembakau di desa kebonturi khususnya Alsintan yang mendukung budidaya tembakau. diharapkan kedepan akan lebih banyak petani yang berminat untuk tanam tembakau sehingga bisa menjadi budidaya unggulan bukan menjadi budidaya alternatif.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan