MUSRENBANGDES DESA KEBONTURI JAKEN DALAM RANGKA PENYUSUNAN RKPDes 2019

Bertempat di Balai Desa Kebonturi Kecamatan jaken Kabupaten Pati pada hari Selasa, 27 Nopember 2018 telah dilaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa ( Musrenbangdes ) dalam rangka menyusun RKPDes Tahun 2019. Musrenbangdes yang dilaksanakan Pemerintah Desa dalam hal ini Kepala Desa Kebonturi beserta Perangkat Desa dihadiri perwakilan masyarakat dari unsur BPD, Ketua RW, Ketua RT, LPMD, Karang Taruna, dan Ibu TP PKK desa Kebonturi.

Pada Kesempatan kali ini dari Kecamatan Jaken hadir secara pribadi Bp. Supat,SP.MM selaku Camat Jaken beserta Kasi Tata Pemerintahan ( Bp. Agus Karyadi,SE.MSi ) dan juga Kepala puskesmas Jaken Bp. Agus Sugiri. Dalam sambutan Pembuka Bp. Agus Junaedi selaku Kepala desa Kebonturi mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan keikutsertaan warga masyarakat dalam forum yang sangat penting ini, karena proses awal perencanaan dalam pembangunan Desa harus dilaksanakan dan direncanakan melalui musyawarah desa.

Tahun Anggaran 2018 untuk Dana Desa yang belum dilaksanakan adalah Pembangunan jalan Rabat Beton Rt 04 RW 01 yang nanti akan dilaksanakan minggu pertama di bulan Desember.  “Pada kesempatan Musrenbangdes ini mohon nanti didapatkan usulan maupun perencanaan yang akan dilaksanakan pada Tahun Anggaran 2019 dengan memperhatikan Petunjuk teknis dan juga mengacu pada RPJMDes 2015 – 2021 meskipun nanti pada kesempatan kali ini kita juga merevisi  RPJMDes tersebut”  imbuh Bp Agus Junaedi.

Dalam Sambutan dan Pengarahannya Bp. Supat,SP.MM berpesan dalam pelaksanaan Dana Desa  ( DD ) Maupun ADD supaya selalu berpedoman pada RAB yang sudah direncanakan apabila ada perubahan mohon untuk segera dilakukan dengan Musywarah, sebab nanti kalau ada pemeriksaan dari Itwil maupun BPK yang menjadi pedoman adalah RAB dan disinkronkan dengan Realisasi di Lapangan.

Dari Kepala Puskesmas Jaken Bp. Agus Sugiri berharap dalam penyusunan RKPDes Desa Kebonturi 2019 ini nanti bisa direncanakan untuk mendukung program Kabupaten Pati Bebas Buang Air Besar Sembarangan ( BABS ) Tahun 2019, agar warga Mayarakat Desa yang belum memiliki Jamban tertutup ( WC ) bisa dianggarkan dari Dana Desa Tahun 2019. sedangkan untuk penyuluhan maupun edukasi nanti bisa dilaksanakan oleh Puskesmas Jaken.

Setelah Diskusi dan masukan dari berbagai pihak telah dirumuskan dan disepakati perencanaan Pembangunan yang akan dilaksanakan di Tahun 2019 dengan mengacu pada RPJMdes  adalah sbb;

  1. Pembangunan Jalan aspal Rt 02 RW 01 sepanjang 1000 m
  2. Pembangunan Jembatan yang menghubungkan RT 04 RW 01 dengan Rt 05 RW 01.
  3. Pengadaan Mobil Ambulance Desa.
  4. Pembangunan Talud Jalan Usaha Tani RT 04 RW 02 yang menuju Rawa.
  5. Pembangunan Talud Jalan Usaha Tani Rt 05 RW 02.
  6. Pembangunan Gorong – Gorong Plat Beton di RT 06 RW 02 ( 2 unit ) dan RT 05 RW 02 1 unit.
  7. Pembangunan Jamban Keluarga Tidak Mampu ( 50 unit )
  8. Pembangunan Jalan Baru yang menghubungkan Rt 02 RW 02 dengan RT 05 RW 02. ( PKT )
  9. Perpustakaan Desa
  10. Pelatihan Aparatur Pemerintah Desa.
  11. Pembangunan Punden Desa
  12. Penambahan Lokal Gedung TPQ.

Untuk Menyusun dan merumuskan usulan -usulan diatas akan dilaksanakan oleh Tim 7 yang akan  menyusun dengan skala prioritas untuk di masukan dalam Rancangan RKPDes Tahun 2019.

Semoga Hasil dari Musrenbangdes Tahun 2019  bisa bermanfaat dan membawa keberkahan bagi masyarakat Desa Kebonturi secara umum untuk menuju Desa Kebonturi yang maju, makmur dan Sejahtera.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan